Keunikan Wisata Pasar Terapung di Kalimantan Selatan

Review Lengkap Wisata Pasar Terapung di Kalimantan Selatan Lok Baintan | Pasti Anda sudah pernah mendengar pasar terapung, bukan? Dari namanya saja, pasar ini sudah terdengar unik. Sesuai dengan namanya, pasar ini terapung di atas air. Pasar tradisional ini sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap lestari hingga kini. Selain memenuhi kebutuhan masyarakat, pasar ini sudah jadi wisata tradisonal andalan di Kalimantan Selatan.

Seperti pasar pada umumnya, pasar yang mengapung ini menjual aneka bahan makanan pokok, seperti beras, sayuran, bahan lauk, buah-buahan, kacang-kacangan. Bumbu tradisional juga dijual di pasar ini. Pakaian dan aneka jajanan juga ditawarkan di pasar ini. Hanya saja, tempatnya berada di sungai dan penjualnya menggunakan perahu sebagai lapak dagangnya.

Keunikan dan Pesona Wisata Pasar Terapung di Kalimantan Selatan

Karena beda dari pasar tradisional yang lain, pasar apung di Kalimantan Selatan ini mempunyai aneka pesona yang khas. Banyak hal yang menarik dari pasar ini. konsepnya yang berjualan dengan perahu merupakan kesan unik pertama yang menimbulkan ketertarikan di benak wisatawan.

Seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan baik domestik, maupun asing, untuk bertandang ke pasar dan menyaksikan langsung fenomena pasar apung di Sungai Barito. Ternyata, di lokasinya terdapat banyak perahu para pedagang dengan aneka barang dagangan yang menarik. Mulai dari bahan makanan, olahan makanan lezat, sampai pada pakaian.

Di pasar terapung ini, Anda bisa memilih akan membeli apa saja, terutama barang yang dibutuhkan. Anda dapat mengabadikan momen saat melakukan transaksi jual beli dengan pedagang di pasar apung. Kesan menarik ini bisa menjadi momen unik dalam hidup Anda. Karena keunikannya ini, pasar apung makin ramai dan tidak lepas dari potretan pengunjung.

Jika lapar dan dahaga menghampiri, ragam makanan dan minuman sudah siap mengatasinya. Sudah tersedisa produk olahan khas Banjarmasin yang menggugah selera. pilih saja yang paling disukai. Soal rasa, semua sajian tergolong nikmat. Menu kulinernya terdiri atas kue, aneka olahan ikan, soto Banjar, nasi sop Banjar, dan sebagainya.

Pesona pasar andalan di Kalimantan Selatan ini semakin menakjubkan dengan pemandangan rumah-rumah warga yang terbuat dari kayu. Rumah panggung dari kayu tersebut berjajar dengan kokoh dan tidak mudah roboh walapun berada di dalam air. Setiap rumah kayu tersebut terbuat dari kayu ulin, yaitu kayu yang kokoh, tidak mudah lapuk walau terkena air.

Info Alamat Lengkap

Pasar yang sangat terkenal di pulau Kalimantan ini merupakan ladang penghasilan bagi masyarakat sekitar. Pasar ini terbuka untuk umum, layaknya pasar tradisional yang ada di darat. Tempat perbelanjaan ini berada di sebuah kota yang berada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Sungai Barito, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Rute Perjalanan

Setelah mengetahui alamat lengkapnya, Anda bisa segera bertandang ke pasar tradisional khas Kalimantan Selatan ini. Lokasi pasar terapung yang tergolong strategis semakin memudahkan Anda untuk berkunjung ke sana. Pengalaman menarik akan diperoleh ketika berkunjung ke sana dan menyaksikan langsung keadaan pasar tradisional di Sungai Barito.

Karena lokasinya yang dekat Kota Banjarmasin, maka terdapat banyak angkutan kota yang bisa mengantarkan Anda ke lokasi. Apabila Anda berasal dari luar kota, maka bisa transit terlebih dahulu di Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Setelah sampai Bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pasar Apung via angkutan darat.

Sesampainya di desa yang dekat dengan Sungai Barito, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu Klotok dengan perjalanan sekitar 45 menit. Setelah sampai di pasarnya, Anda bisa membeli aneka produk yang dijual di pasar tersebut. Transaksi jual beli pun bisa dilakukan layakanya pasar biasa. Harganya juga bisa ditawar seperti di pasar tradisional.

Sejarah Pasar Terapung Lok Baintan Kalimantan Selatan

Fenomena pasar terapung memang hanya ada di Kalimantan. Terbentuknya pasar tradisional yang melegenda ini ternyata punya sejarah. Awalnya, tradisi jual beli di pasar ini tidak lepas dari peran Kerajaan Banjar yang berdiri pada tahun 1595 Masehi. Wilayah sekitar pasar apung pada masa itu dipimpin oleh Patih Kuin dan Patih Masih.

Kedua patih tersebut menerima tugas dari pemerintah daerah untuk mengelola wilayah Sungai Barito dan desa sekitarnya. Seiring dengan perkembangan zaman juga dengan perekonomiannya, mata pencaharian masyarakat sekitar Sungai Barito diarahkan untuk menjual aneka hasil pertanian dan perkebunannya dengan cara barter.

Setelah ada alat tukar berupa uang, maka jual beli tersebut beralih menggunakan uang sebagai alat tukar yang sah. Dengan adanya alat tukar yang terukur ini, transaksi jual beli untuk memenuhi kebutuhan bisa diukur sama rata. Ide dibentuknya pasar apung ini karena lokasinya yang dekat Sungai Barito, sehingga bisa efektif tidak perlu membangun tempat.

lokasi pasar terapung kalimantan selatan gambar pasar terapung kalimantan selatan sejarah pasar terapung kalimantan selatan foto pasar terapung kalimantan selatan wisata pasar terapung kalimantan selatan pasar terapung lok baintan kalimantan selatan sejarah pasar terapung di kalimantan selatan keunikan pasar terapung di kalimantan selatan wisata pasar terapung siring provinsi kalimantan selatan pasar terapung banjarmasin kalimantan selatan pasar terapung di kalimantan selatan

Kelebihan Pasar Terapung

Kelebihan dari pasar tradisional ini terletak pada sisi uniknya. Setiap wisatawan bisa menyaksikan Festival Pasar Apung, yaitu momen tahunan yang diadakan Pemerintah Banjarmasin. Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk melestarikan budaya setempat sekaligus sarana menarik perhatian wisatawan, baik domestik, maupun mancanegara.

Biasanya, acara festival ini sangat meriah dengan beragam produk yang dijual di sana. Setiap wisawatan bisa menikmati aneka jajanan juga menu kuliner khas Kalimantan Selatan yang menggoyang lidah. Acara festival ini sangat meriah, sehingga pasti tak pernah sepi pengunjung. Festival daerah ini menjadi andalan kegiatan wisata di Kota Banjarmasin.

Sebagai tempat wisata tradisional, pasar terapung semakin ramai dan mempunyai nilai khas tersendiri di mata wisatawan. Saat hari biasa ataupun saat diadakannya momen festival, Anda tetap harus menjaga barang bawaan agar selalu aman dan tidak hilang atau kecopetan. Jangan lengah sedikit pun, meski sedang berada di keramaian yang menakjubkan.

Fasilitas Pasar Terapung Kalimantan Selatan

Fasilitas pasar apung tergolong lengkap, karena Anda bisa menuju lokasi dengan mudah. transportasinya sudah mendukung. Selain itu, di sekitar pasar sudah ada toko-toko yang menjual aneka kerajinan tangan khas Kalimantan Selatan sebagai buah tangan bagi orang-orang terkasih Anda.

Itulah seputar informasi tentang pasar terapung. Anda bisa mengunjungi wisata tradisional andalan di Kalimantan Selatan ini dan menikmati beragam kelebihan dan keunikannya. Dengan mengunjungi pasar apung, Anda bisa menikmati keindahan sekaligus memenuhi kebutuhan bahan makanan pokok, pakaian, ataupun kuliner khas Kalimantan Selatan.