Gunung Halau Halau 1901 mdpl, Puncak Tertinggi Kalsel

Wisata Pendakian Gunung Halau Halau Kalsel | Ada Banyak Pesona Gunung Halau-Halau (artinya Gunung Besar) yang merupakan Puncak Tertinggi di Kalimantan Selatan. Pergi berlibur merupakan hal yang menyenangkan. Wisata alam di nusantara banyak menawarkan aneka keindahan pesonanya.

Mulai dari sabang sampai merauke, semua punya penawaran keindahan alam yang tak terkira. Pesona Gunung Halau-Halau merupakan yang tidak boleh Anda lewatkan. Puncak tertinggi di Kalimantan Selatan adalah salah satu bukti nyata pesona alam Indonesia.

Pesona Gunung Halau Halau, Puncak Tertinggi Kalimantan Selatan

Wisata alam pegunungan dengan kesejukan udara beserta keasrian alam hijaunya dapat mengembalikan kejernihan hati dan pikiran. Pesona Gunung Halau-Halau dapat Anda nikmati bersama orang-orang terkasih. Kegiatan pendakian bisa dilakukan untuk menghilangkan penat dan memberikan pengalaman baru sebagai petualang.

Info Alamat Lengkap

Secara administratif, gunung yang merupakan pusat tertinggi di Kalimantan Selatan ini berlokasi di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Tanah Bumbu. Ketinggian gunung ini mencapai 1901 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Gunung yang juga dikenal dengan nama Gunung Gede ini terbentang di sepanjang Pegunungan Meratus yang merupakan jantungnya Kalimantan Selatan. Mengapa demikian? pegunungan tersebut mempunyai perbukitan yang sangat luas dan wilayah hutan lebat. Wilayahnya sangat luas dan masih sangat asri dengan pepohonan rimbun menghijau.

Rute Pendakian Gunung Halau-Halau

Pesona Gunung Halau-Halau dapat dinikmati dengan melakukan pendakian hingga ke puncaknya. Pendakian ke Halau-Halau merupakan jalur trek basah, karena melewati hutan meratus yang lebat dan menjulang tinggi. Samping kanan dan kiri jalan setapak jalur pendakian, ditutupi oleh pepohonan lebat dan semak belukar.

Untuk melakukan pendakian, Anda harus berhati-hati dan tetap waspada, karena jalur pendakiannya merupakan perbukitan turun naik. Anda harus mendaki dengan hati-hati dan waspada. Jalan setapak yang dilalui masih sempit dan lembab bahkan sebagian jajan ada yang  tertutup lumut sehingga tergolong licin.

Rute pendakiannya bisa dimulai dari mendarat di Bandara Syamsudinoor (via udara) atau di Pelabuhan Trisakti (via laut). Anda dapat memilih jalur mana yang lebih sesuai. Jika melewati jalur udara, maka waktu lebih efisien. Jika lewat laut, maka lebih efektif dari segi biaya yang tidak terlalu mahal. Anda bisa mempertimbangkan dari segi waktu dan finansial.

Dari Bandara, langsung saja naik taksi tujuan Tanjung yang melewati Barabai (Hulu Sungai Tengah). Jarak tempuh antara bandara ke Barabai memakan waktu sekitar 3 jam. Apabila Anda menempuh perjalanan dari Pelabuhan Trisakti, maka naiklah angkutan umum Jurusan Trisakti terminal pal 6 dan melanjutkan naik angkutan umum jurusan Barabai.

Sesampainya di Barabai, naiklah ke angkutan pedesaan menuju Desa Batu Kambar (Bakam), yang menjadi akses masuk ke Kawasan Wisata Desa Hinas Kiri dengan jarak tempuh sekitar 1-2 jam. Setelah sampai ke desa wisatanya, Anda harus meminta izin kepada Julak, yaitu emaknya para pendaki di Kalimantan Selatan, untuk mendaki puncak Halau-Halau.

Pendakian ke puncak Halau-Halau membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dari desa wisata, Anda harus berjalan kaki 6-7 jam menuju Sungai Karuh yang menjadi tempat peristirahatan pertama. Perjalanan masih berlanjut untuk menuju puncak selama 7-8 jam. Meskipun demikian, keletihan setelah pendakian akan terbayar lunas dengan indahnya puncak gunung.

Kamp di air terjun Sungai Karuh gunung Halau-Halau. Jalur : Wawai-Batu Tangga-Natih-Tandilang-Batukambar-Kiyo (desa terakhir)-Tiranggang-Sungai Karuh-Jumantir-Penyaungan-Puncak Batu Besar. Air terjun sungai karuh merupakan bonus yg menakjub saat menuju puncak tertinggi di Kalimantan Selatan, Puncak Halau-halau (1901 Mdpl)

Air terjun sungai karuh merupakan bonus yg menakjub saat menuju puncak tertinggi di Kalimantan Selatan, Puncak Halau-halau (1901 Mdpl)

Location : Sungai karuh, Desa Kiyu Hinas kiri, kab.Hulu Sungai Tengah.

Pesona Gunung Halau-Halau

Dari proses pendakian, sebenarnya Anda sudah merasakan pesona Gunung Halau-Halau sebagai puncak tertinggi di Kalimantan Selatan ini. Keindahannya sudah terlihat dari hijaunya semak belukar, pepohonan yang menjulang tinggi, serta keindahan dari lingkungan khas pegunungan yang menyejukkan. Selain itu ke-arifan masyarakat dayak sekitar , juga dapat Anda temui dengan nyata.

Saat tiba di puncak, Anda akan takjub dengan pemandangan alam puncaknya yang hijau. Dari atas gunung, Anda bisa melihat panorama sunrise dan sunset serta awan putih yang menggumpal, seakan Anda sedang berada pada negeri di atas awan. Wilayah dataran rendah terlihat apik dari atas gunung.

Saat tiba di puncak saat malam hari atau pagi, Anda bisa menyaksikan gemerlapnya lampu pedesaan dan perkotaan yang bertebaran layaknya bintang di langit. Anda bisa mengabadikannya untuk kenang-kenangan.

Berkemah di atas puncak Halau-halau dengan ditemani secangkir teh, kopi, atau minuman jahe hangat bisa jadi solusi untuk melunturkan keletihan sewaktu mendaki dan menghangatkan tubuh dari suhu dinginnya puncak. Keindahan di puncaknya sangat begitu istimewa susah pokoknya digambarkan dengan kata-kata.

Kelebihan

Selain pesonanya, terdapat pengalaman yang berbeda ketika Anda melakukan pendakian ke puncak gunung Halau-Halau. Sebelum menginjak puncak tertinggi di Kalsel dan menikmati pesona Gunung Halau-Halau, Anda sudah bisa menikmati pemandangan dan kesejukan air terjun Sungai Karuh.

Air terjun setinggi 80 meter ini biasa menjadi tempat favorit para pendaki untuk bermain air seblum mendaki ataupun sesudah menuruni puncak.

Sepanjang perjalanan ke puncak Gunung Halau-Halau, Anda juga bisa merasakan nikmatnya kebersamaan dengan para pendaki lain. Anda bisa berbincang bersama dan menikmati suasana saat bermalam di daerah Sungai Keruh, di mana cukup aman sebagai tempat untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan kira-kira selama 6-7 jam.

Suasana malam di setengah perjalanan menuju puncak tersebut sangat mengagumkan. Suasana tenang jauh dari perkotaan dan pemandangan jejeran tenda-tenda perkemahan yang tersusun rapi sebagai tempat melepas letih untuk melanjutkan pendakian menuju puncak keesokan harinya akan Anda saksikan di sana.

Pengalaman berkemah di tengah perjalanan mendaki ini sangat mengasyikkan. Anda dapat berfoto ria mengabadikan momen istimewa ini.

gunung besar halau halau peta gunung halau halau alamat gunung halau halau asal usul gunung halau halau air terjun gunung halau halau asal mula gunung halau halau gunung halau halau barabai cerita gunung halau halau cerita tentang gunung halau halau cerita mistis gunung halau halau gunung halau halau di kalimantan selatan

Foto credit by muhammadirsyad

Fasilitas

Mengenai fasilitasnya, kawasan Gunung Halau-Halau belum mempunyai sarana dari pemerintah. Penginapan khusus juga belum tersedia. Oleh karena itu, pendaki umumnya bisa berkemah ataupun menyewa rumah warga sekitar yang memang sengaja disewakan. Anda bisa memilih rumah sewa yang tentunya harus memadai untuk semua rombongan wisata.

Selain itu, dikarenakan di sekitar area wisata belum ada yang menjual atau menyewakan peralatan kemah. Dengan demikian, Anda harus membawa sendiri peralatan lengkap berkemah dari rumah, seperti tenda, korlap (kompor lapangan) topi, mantel, dll.

Untuk kebutuhan makan dan minum, sudah tersedia warung dan rumah toko milik warga sekitar. Akan tetapi, untuk melakukan pendakian yang menguras banyak tenaga, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Dengan demikian, rasa lapar dan dahaga yang menghampiri bisa teratasi di mana pun dan kapan pun.

Tips Naik Gunung Halau Halau Kalsel

Bagi sobat yang ingin muncak ke Gunung Halau Halau berikut kami sampaikan tips untuk menaklukkan gunung ini:

  1. Mintalah izin kepada masyarakat lebih tepatnya pengurus adat yang berada di kawasan Pegunungan Maratus, karena kaki gunung Halau Halau merupakan tempat keramat bagi suku Dayak Meratus.
  2. Dirikanlah tenda jauh dari aliran air untuk menghindarkan diri dari gangguan pacet atau lintah air
  3. Sebaiknya membawa bekal air garam untuk melepaskan lintah, hal ini tujuannya adalah berjaga-jaga apabila tidak sengaja ada lintah yang menempel
  4. Hindari berjalan sendirian untuk mengurangi tersesat di dalam hutan. Gunung Halau-Halau ini masih sangat asri dan belum populer  sehingga tidak setiap hari kelompok pendaki melewatinya. Tanda-tanda petunjuk arah juga belum dipasang.
  5. Tidak usah memasang sticker di gunung maupun tugu, juga tidak diperkenankan membuang sampah sembarangan karena akan merusak keindahan alam.
  6. Bawa bekal makanan yang lebih banyak, perjalanan anda sangat jauh dan jauh dari kehidupan. Untuk stok air di dalam hutan banyak mata air yang sejuk dan segar
  7. Tidak usah takut tersesat, sudah banyak tanda-tanda di perjalanan yang menjadi petunjuk untuk anda lewati seperti papan arah, tali ataupun kain yang diikat di pohon, dll

Rekreasi ke Kalimantan Selatan terasa belum lengkap apabila belum berkunjung ke Gunung Halau Halau. Pengalaman pendakian ke puncak Gunung Halau-Halau merupakan hal yang berharga. Anda bisa mencoba petualangan seru melewati hutan lebat dengan jalan setapak naik turun serta pesona Gunung Halau Halau, puncak tertinggi di Kalimantan Selatan.