Destinasi Wisata Alam di Magelang Jarang Diketahui

Wisata Alam di Magelang | Masih bingung menetapkan tujuan wisata di akhir tahun ini? Sudah pernahkah anda berwisata di kota Magelang sebelumnya? Jika anda belum pernah berlibur dan mengunjungi berbagai obyek wisata di kota Magelang, mungkin liburan akhir tahun ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

Meskipun hanya merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah, Magelang mempunyai cukup banyak obyek wisata dengan pemandangan yang indah.

Menariknya lagi, ada cukup banyak destinasi wisata alam di Magelang yang masih belum banyak diketahui oleh pelancong. Karena tempat wisata di Magelang tersebut belum banyak diketahui, otomatis areanya masih benar-benar asri.

Jika anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun anda di kota Magelang, anda bisa membaca terlebih dahulu beberapa obyek wisata alam Magelang yang patut anda datangi lebih lanjut di artikel ini.

6 Tempat Wisata Alam di Magelang yang Lokasinya Masih Sangat Asri

Bagi anda pecinta alam, kota Magelang adalah salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Berikut adalah beberapa macam tempat wisata di Magelang yang menyajikan pemandangan alam yang masih sangat asri:

1.      Curug Silawe

alamat curug silawe magelang curug silawe di magelang

Foto Credit by divia_bink

Curug Silawe adalah obyek wisata alam Magelang pertama yang menyajikan pemandangan super indah. Curug Silawe ini berada tepat di bawah kaki gunung Sumbing.

Curug Silawe ini berada di lokasi dengan ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. Di lokasi ini, anda bisa menyaksikan keindahan alam lengkap beserta dengan air terjun yang masih sangat terjaga keasriannya.

Obyek wisata alam di Magelang ini memang masih sangat jarang diketahui oleh pelancong karena alasan sulitnya mengakses lokasinya. Namun demikian, jika anda sudah biasa tracking di alam, kemungkinan besar anda bisa dengan mudah menyaksikan keindahan alam di Curug Silawe ini.

Keindahan alam tidak hanya bisa anda saksikan setelah sampai di lokasi Curug Silawe saja. Menariknya, sepanjang perjalanan menuju Curug Silawe, anda juga sudah bisa menikmati keindahan alam yang benar-benar masih sangat asri.

Curug Silawe ini tepatnya berada di desa Kopeng Kulon. Anda bisa datang ke lokasi ini kapan saja, namun disarankan untuk datang ke tempat wisata alam di Magelang ini pagi hari karena jauh lebih indah pemandangannya.

Setiap wisatawan yang ingin masuk ke area Curug Silawe ini diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang.

2.      Hutan Pinus Kragilan

hutan pinus kragilan magelang alamat hutan pinus kragilan magelang wisata hutan pinus kragilan magelang hutan pinus kragilan pakis magelangSetelah puas menikmati pemandangan indah di Curug Silawe, anda juga bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Kragilan.

Sama seperti Curug Silawe, Hutan Pinus Kragilan juga termasuk sebagai obyek wisata alam di Magelang yang masih belum banyak diketahui wisatawan.

Wisata alam Magelang satu ini menyajikan pemandangan indah jalan setapak di dalam hutan pinus. Cukup banyak lokasi indah yang sangat cocok digunakan untuk selfie di tempat wisata satu ini.

Hutan Pinus Kragilan ini tepatnya berada di desa Kragilan. Anda bisa mengunjungi lokasi ini dari mulai jam 06.00 sampai jam 18.00 WIB. Sampai saat ini, setiap wisatawan tidak dipungut biaya masuk untuk bisa menikmati pemandangan indah di tempat wisata satu ini. Setiap wisatawan hanya ditarik ongkos parkir kendaraan saja di tempat wisata di Magelang ini.

3.      Grenden Magelang

Wisata Grenden Magelang alamat wisata grenden di magelangGrenden sebenarnya adalah obyek wisata alam di Magelang yang menyuguhkan keindahan hutan pinus sama halnya seperti yang ada di desa Kragilan.

Grenden ini dulunya lebih sering digunakan sebagai tempat berkemah orang-orang yang ingin mendaki gunung Merbabu. Namun lambat laun, semakin banyak orang yang menyukai suasana dan pemandangan indah di tempat ini.

Oleh sebab itu, Grenden sekarang lebih sering menjadi tempat wisata alam Magelang. Selain menikmati keindahan hutan pinus, anda juga sekaligus bisa menikmati hawa dingin di Grenden.

Grenden ini berada di lokasi dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut. Jadi tidak heran jika hawa di lokasi ini cukup dingin.

Bagi anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat wisata di Magelang satu ini, lokasinya berada di desa Grenden. Anda juga diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 4.500 untuk bisa menikmati pemandangan alam yang indah di lokasi ini.

4.      Candi Asu

candi asu magelang candi asu didirikan oleh candi asu muntilan candi asu magelang jawa tengah 56482 candi asu terletak di candi asu di magelang jawa tengah candi asu adalah candi asu klaten kemudo kecamatan prambanan candi asu terletak candi asu di jawa tengah gambar candi asu foto candi asu alamat candi asu alamat candi asu magelang

gambar candi asu magelang by nofitadwiyanti

Selain menikmati pemandangan alam yang begitu indah di Grenden dan juga Hutan Pinus Kragilan, anda juga bisa menikmati pemandangan alam di Candi Asu.

Ya, Candi Asu memang masuk sebagai salah satu destinasi wisata alam di Magelang yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena selain menikmati pemandangan alam yang indah, anda juga bisa menyaksikan secara langsung bangunan candi peninggalan dari masa lalu.

Candi Asu ini memiliki asal usul yang cukup menarik. Ada 2 versi asal usul penamaan candi ini. Alasan penamaan candi ini yang pertama dikarenakan adanya patung sapi yang justru memiliki bentuk seperti anjing.

Sedangkan alasan kedua penamaan candi ini dikarenakan dulunya candi ini sering digunakan untuk tempat beristirahat bagi para abdi kerajaan.

Candi Asu ini tepatnya berada di desa Sengi. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Magelang ini setiap hari. Sampai saat ini, tidak ada biaya masuk apapun yang perlu anda bayar untuk bisa menikmati pemandangan indah di Candi Asu.

5.      Gunung Andong Magelang – 1726 Mdpl

gunung andong magelang jawa tengah gunung andong magelang central java gunung andong grabag magelang gunung andong di magelang pendakian gunung andong magelang lokasi gunung andong magelangAnda suka dengan kegiatan mendaki gunung namun anda masih tergolong pemula? Ada satu tempat wisata di Magelang yang cocok untuk anda yang suka mendaki gunung.

Gunung Andong adalah salah satu gunung berapi yang tergolong masih aktif yang ada di kota Magelang. Gunung ini biasa didaki oleh pendaki gunung pemula. Selain tidak terlalu tinggi, yaitu hanya 1.400 meter saja diatas permukaan laut, jalur pendakiannya juga tidak terlalu sulit.

Anda yang masih tergolong pendaki gunung pemula kemungkinan besar hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk bisa sampai di puncak Gunung Andong.

Setelah berada di puncak Gunung Andong, anda bisa menikmati pemandangan alam yang jauh lebih indah jika dibandingkan dengan obyek wisata alam di Magelang lainnya.

Jika anda ingin menyaksikan keindahan matahari terbit dan matahari terbenam, pastikan untuk mengunjungi obyek wisata alam Magelang satu ini di waktu yang tepat.

Gunung Andong ini tepatnya berada di desa Girirejo. Sampai saat ini, obyek wisata alam Magelang satu ini juga bisa anda nikmati secara gratis.

6.      Grojogan Kedung Kayang

lokasi kedung kayang magelang gambar kedung kayang magelang kedung kayang di magelang obyek wisata kedung kayang magelang jalan menuju kedung kayang magelang wisata air terjun kedung kayang magelangGrojogan Kedung Kayang disebut juga dengan Air Terjun Kedung Kayang juga merupakan salah satu obyek wisata alam di Magelang yang wajib anda kunjungi.

Grojogan Kedung Kayang ini berada tepat di bawah kaki gunung Merapi. Di obyek wisata alam Magelang ini, anda tidak hanya bisa menyaksikan keindahan alam saja, anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Menariknya, Grojogan Kedung Kayang ini juga termasuk salah satu obyek wisata alam Magelang yang tidak begitu banyak dikunjungi wisatawan. Kenapa? Karena untuk menikmati keindahan alam di Grojogan Kedung Kayang ini juga tidak mudah.

Wisatawan harus berjalan sekitar 2 kilometer dari tempat parkir kendaraan hingga bisa menyaksikan secara langsung keindahan air terjun. Meskipun tampaknya cukup dekat, jalanan menuju ke tempat wisata di Magelang satu ini cukup licin.

Oleh sebab itu, hanya wisatawan yang berani saja yang bisa menyaksikan keindahan alam Grojogan Kedung Kayang ini secara langsung. Bagi wisatawan yang tidak berani turun sampai ke bagian bawah, mereka tetap bisa menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan.

Bagi anda yang ingin melihat secara langsung keindahan Grojogan Kedung Kayang ini, anda bisa datang langsung di alamat air terjun Kedung Kayang Magelang yang terletak di desa Wonolelo kec Sawangan, Kab Magelang. Obyek wisata alam di Magelang yang berupa air terjun ini dibuka setiap hari dari mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Setiap wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Sebagai tambahan, anda dapat mengunjungi wisata magelang yang hits dan sudah ramai

Bagaimana? Cukup seru bukan obyek wisata alam di Magelang yang masih asri tersebut? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi semua tempat wisata alam di Magelang yang sudah dibahas di artikel ini?

Jika anda memang ingin mengunjungi semua tempat wisata di Magelang tersebut, pastikan untuk jangan membuang sampah sembarangan ya.