12 Tempat Wisata Loksado Kalsel, Rute dan Penginapannya

Daftar Wisata Loksado Kalimantan Selatan beserta Rute dan Penginapan setempat | Sejak era pemerintah Presiden Jokowi, fokus pembangunan wisata tak lagi terpusat di Pulau Jawa. Akan tetapi hampir merata ke seluruh penjuru Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan. Upaya ini membuat Wisata Loksado yang memang terlahir sebagai wisata alam eksotis, jadi lebih eksotis lagi. Keindahan yang semula sembunyi jadi terekspos.

Dampaknya sangat jelas. Para wisatawan domestik hingga mancanegara tidak ragu lagi membelanjakan uang mereka untuk menyinggahi salah satu wisata unggulan Kalsel ini. Berkat kecemerlangan pembangunan di ranah wisata Kalsel, banyak peluang usaha di seputar lokasi turut memeriahkan kebangkitan ikon region Loksado tersebut.

Khusus Anda yang ingin menjajal destinasi wisata baru, singgahlah ke Loksado. Kultur di Loksado kental dengan budaya dan adat Dayak. Di daerah tersebut banyak mengalami segi peningkatan sekaligus perluasan wisata. Anda pun bisa berkesempatan belajar budaya secara langsung seraya menikmati variasi sajian wisata yang memukau.

Apa Saja Destinasi Wisata Populer di Loksado?

Ada banyak tempat wisata di Loksado Kalimantan Selatan yang dapat dijadikan destinasi wisata anda. Kita mulai yang populer saja agar mudah dikenali dan mudah ditemukan ketika Anda sampai di Loksado. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Wisata Loksado: Bukit Langara (Gunung Batu Langara)

jalan bukit langara wisata bukit langara ketinggian bukit langara perjalanan bukit langara alamat bukit langara foto bukit langara kandangan

Foto credit by sufi.maulida

Alamat: Lumpangi, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan 71282.

Bukit ini sangat kaya dengan bebatuan karst  yang cukup tajam. Saat menyambangi tempat ini harap hati-hati. Pastikan kaki Anda berada di pijakan yang tepat. Kalau bisa, pakai saja sepatu bot agar aman luar-dalam.

Durasi perjalanan untuk sampai ke Bukit Langara cukup memakan waku. Rute yang dilewati tidak bisa dijangkau kendaraan bermotor. Jadi wajib jalan kaki. Bukankah menyenangkan ketika menikmati pemandangan sembari jalan kaki? Dalam waktu 30 hingga 60 menit, Anda sudah bisa mencapai lokasi bukit tersebut.

2. Wisata Loksado: Batu Baduduk

batu baduduk kandangan batu baduduk kalsel batu baduduk gumbil bukit batu baduduk wisata batu baduduk sejarah batu baduduk bukit batu baduduk kandangan foto batu baduduk gunung batu baduduk kalsel foto gunung batu badudukAlamat: Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten HSS

Wisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di daerah Loksado yang populer lainnya adalah Batu Baduduk. Bagi pecinta wisata alam yang serba natural pasti menjadikan Batu Baduduk sebagai target mereka. Ketika Anda berdiri di sana, maka akan terbentang luasnya pemandangan yang serba hijau. Mata yang baru saja lelah habis berjalan lama pasti langsung segar seakan mendapat energi baru yang besar.

Sejarah Batu Baduduk – Tempat wisata Batu Baduduk adalah wisata baru yang sedang hits di kalangan anak muda HSS yang merupakan bentangan bukit hijau dan di lokasi tersebut terdapat sebuah batu yang cukup besar dengan bentuk orang yang sedang duduk, sehingga disebut dengan wisata Batu Baduduk.

Lokasi Batu Baduduk dari Kandangan (Ibu Kota HSS) berjarak kurang lebih 15 Km saja. Untuk menuju ke Batu Baduduk, anda dapat menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua melalui Pasar Angkinang melewati Telaga Langsat.

3. Wisata Sungai Amandit

Wisata Sungai Amandit Loksado sungai amandit loksado sungai amandit banjarmasin sungai amandit kalimantan selatan sungai amandit di banjarmasin sejarah sungai amandit batu sungai amandit panjang sungai amandit foto sungai amandit batu merah sungai amandit batu akik sungai amandit asal mula sungai amandit

Foto credit by queen.halimah

Lokasi: Hulu Banyu, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan 71282

Anda dapat bermain di sungai Amandit yaitu rafting menggunakan ban bekas. Adanya penginapan sungai Amandit (Graha Wisata Amandit) menjadikan sungai amandit ini banyak dikunjungi wisatawan untuk sekedar bermain di tepi sungai, selfie, maupun arung jeram di sungai ini.

4. Kolam Pemandian Air Panas Tanuhi

air panas tanuhi loksado pemandian air panas tanuhi wisata air panas tanuhi pemandian air panas tanuhi hulu banyu loksado kolam air panas tanuhi penginapan air panas tanuhi obyek wisata air panas tanuhi

Alamat: Tanuhi, kawasan desa Hulu Banyu, kec. Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan 71363

Pemandian Air Panas Tanuhi menyediakan fasilitas berupa kolam renang, kolam berendam, dan kolam air panas itu sendiri. Bagi anak-anak, obyek wisata ini juga menyediakan kolam untuk anak, sementara untuk dewasa kedalaman kolam sekitar 2 meter. Bagi yang tidak bisa berenang, anda dapat menggunakan ban pelampung yang biasanya berupa ban dalam truck.

Tanuhi adalah sebuah desa yang terkenal dengan wisata air panasnya dan terletak di pegunungan meratus bukit loksado. Untuk rutenya anda bisa start dari Graha Wisata Amandit (Penginapan Sungai Amandit) lurus terus saja sampai melewati gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi, jalan terus sampai ada pertigaan (T-junction), amvbil arah kiri saja untuk menuju desa Tanuhi (karena jika anda ke kanan maka akan menuju desa Haratai atau Lok Lahung)

5. Air Terjun Kilat Api

wisata air terjun kilat api

Alamat: Desa Tanuhi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Kalimantan Selatan.

Ada pula wisata Air Terjun Kilat Api. Daya magisnya akan lebih terasa saat Anda mengarungi sungai di sekitar dengan rakit bambu. Aktivitas tersebut akan melemparkan Anda ke dalam kehidupan pra-modern. Namun ingat-ingatlah waktu Anda. Jangan sampai gara-gara terlalu menikmati destinasi wisata jadi lupa kalau waktu Anda berwisata hampir habis.

Rute Air Terjun Kilat Api jaraknya hanya 500 meter dari Air Panas Tanuhi, akan tetapi anda harus bertanya kepada warga sekitar karena disana belum terdapat papan petunjuk arah yang terpasang. Untuk menuju Air Terjun Kilat Api anda harus menyebrangi sungai Amandit yang jernih menggunakan sebuah jembatan gantung (jembatan lama sudah putus belum diperbaiki).

6. Bamboo Rafting Loksado

Satu yang terpopuler dibanding agenda wisata lainnya di Loksado adalah Bamboo Rafting. Rafting dengan ban karet itu sudah biasa. Temukan tantangan Anda dalam variasi Bamboo Rafting bersama teman-teman liburan Anda. Sekilas memang wisata ini terkesan berbahaya dan nekat.

Dalam mengarungi sungai untuk agenda kegiatan Bamboo Rafting, dibutuhkan nyali yang kuat. Aliran sungai di Loksado sangat jernih dan deras. Cenderung berbahaya. Bukti kalau alam di sekitar Wisata Loksado masih terawat dengan baik. Selain destinasi wisata di Loksado tersebut, masih banyak destinasi yang lebih murah

7. Air Terjun Haratai

air terjun haratai banjarmasin air terjun haratai waterfall kabupaten hulu sungai selatan provinsi kalimantan sel sejarah air terjun haratai foto air terjun haratai rute air terjun haratai gambar air terjun haratai jalan air terjun haratai objek wisata air terjun haratai jalan menuju air terjun haratai

air terjun haratai waterfall kabupaten hulu sungai selatan provinsi kalimantan sel

Alamat: Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan; untuk ke lokasi anda juga dapat menggunakan Map Google

Tarif masuk: Rp. 5.000,- dan Parkir: Rp. 2.500,- jam buka setiap hari pukul 7.00-17.00 WITA.

Sensasi kesegaran air dari pegunungan Meratus dapat anda rasakan dengan cara menceburkan diri ke dalam air terjun Haratai. Dari pusat kecamatan loksado, lokasi air terjun ini hanya berjarak 9 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan ojek maupun menyewa motor dengan harga sekitar Rp. 80.000,- perlu diketahui bahwa ongkos ojek dan sewa motor harganya sama dan tarif tersebut berlaku untuk pulang pergi menuju air terjun Haratai. Debit air yang cukup besar dan ketinggian air terjun hatari sekitar 20 meter menjadikan tempat wisata loksado ini banyak dikunjungi wisatawan baik sekedar foto instagram maupun menikmati airnya yang sejuk.

8. Air Terjun Riam Hanai

Air Terjun Riam Hanai Loksado

Alamat lokasi: Ds. Malaris, Kec. Loksado, kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Propinsi Kalimantan Selatan.

Karena Air Terjun Haratai debitnya besar, maka membentuk anak air terjun. Nah Air Terjun Riam Hanai setinggi 4 meter inilah yang merupakan anak air terjun Haratai. Dari Desa Malaris, anda dapat naik motor atau berjalan kaki sejauh 2 kilometer, lokasinya dekat dengan PLTA Loksado.

 

9. Air Terjun Rampah Lambin

air terjun rampah lambin wisata air terjun rampah lambin wisata air terjun rampah lambin kalimantan selatan

Alamat: Ds. Loapanggang, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan – Kalimantan Selatan

Untuk sampai lokasi Air Terjun Rampah Lambin, kita harus menyusuri jalan setapak di dalam hutan dan melintasi sungai setinggi lutut orang dewasa. Air terjun Lambin memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan berada di dalam hutan. Hati-hati untuk menuju air terjun ini karena sepanjang perjalanan terdapat tanaman yang apabila terkena kulit bisa gatal.

Air Terjun atau rampah Lambin – Jelatang – Menjangan adalah barisan air terjun yang dapat ditemui secara berurutan yang terletak disebuah desa bernama Loa Panggang. Jika kita telusuri dari bawah, pertama kita akan menemukan Rampah Lambin, di atasnya lagi ada Rampah Jelatang, dan atasnya lagi ada Rampah Menjangan.

10. Air Terjun Rampah Jelatang

Air Terjun Rampah Jelatang

Alamat lokasi: Ds. Loapanggang, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan – Kalimantan Selatan

Air Terjun Rampah Jelatang tidak termasuk wisata resmi kalimantan selatan dan lokasi air terjun ini jaraknya lumayan jauh berada di dalam hutan di kawasan pegunungan meratus. Untuk menuju air terjun rampah jelatang kita harus menembus tebing yang curam juga semak-semak hutan yang kemungkinan terburuknya berduri dan menyebabkan gatal pada kulit.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam, anda dapat melihat pesona air terjun rampah jelatang. Dengan pemandangan yang begitu bagus, rasa lelah yang anda gunakan untuk menuju tempat ini rasanya terbayarkan. Oh iya ketika anda ingin ke tempat ini sebaiknya bawalah persediaan air minum yang cukup karena di rampah jelatang debit airnya sedikit dan dipenuhi dengan bebatuan besar. Satu lagi, berdasarkan informasi yang kami himpun bahwa di sebelah kiri Air Terjun Rampah Jelatang juga ada lagi air terjun lain, akan tetapi ada airnya hanya ketika musim penghujan.

11. Air Terjun Rampah Menjangan

wisata air terjun rampah menjangan deskripsi air terjun rampah menjangan foto air terjun rampah menjangan rute air terjun rampah menjangan jalan menuju air terjun rampah menjangan

Alamat lokasi: Ds. Loapanggang, Kec. Loksado, Kab. Hulu Sungai Selatan – Kalimantan Selatan

Air terjun rampah menjangan berada di kawasan pegunungan meratus, memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di dalam hutan sehingga anda harus menempuhnya dengan jalur trekking atau berjalan kaki melewati semak belukar.

Rampah airtinya air terjun, dan menjangan adalah nama hewan. Konon ceritanya sejarah air terjun rampah menjangan adalah pada suatu ketika ada pemburu yang memburu seekor menjangan tapi sayangnya menjangan tersebut melarikan diri dan sang pemburu terpaksa pulang. Pada saat perjalanan pulang inilah, si pemburu melihat ada sungai yang berwarna kemerah-merahan yang diyakini sebagai darah menjangan yang lepas tadi. Akhirnya pemburu menelusuri sungai tersebut dan mendengar gemuruh air, jadilah disebut air terjun rampah menjangan.

12. Air Terjun Tinggiran Hayam

air terjun tinggiran hayam air terjun tinggiran hayam loksado

Lokasi: desa kamawakan, kecamatan loksado, kabupaten Hulu sungai selatan, kalimantan selatan.

Air Terjun Tinggiran Hayam (tinggiran hayam waterfall) dalam bahasa Banjar memiliki arti tempat ayam berpijak pada suatu benda. Dengan ketinggian antara 12 meter, air terjun ini airnya bening dan cukup dalam. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Rute menuju air terjun Tinggiran Hayam: dari kota kandangan ke loksado sekitar 1 jam, setelah itu dilanjutkan ke desa kamawakan yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dan bisa juga berjalan kaki sekitar 3 jam dari desa kamawakan ke air terjun tinggiran hayam ini. medan yang ditempuh cukup menantang karena jalan nya turun naik turun naik, dan jalan nya sangat kecil di samping nya jurang. kita musti extra hati-hati melewati jalan ini. setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan dan sungai.ketempat ini diperlukan fisik dan tenaga yang kuat.sampai ditempat ini lelah akan terbayarkan melihat keindahan air terjun ini. letaknya cukup eksotis dan masih alami membuat semua penggunjung akan terpesona melihat keindahan air terjun ini.

Rute Perjalanan Menuju Loksado

Pilihan transportasi ke Loksado bisa ditempuh dengan menyewa mobil maupun kendaraan pribadi. Bikin patokan begini saja. Katakanlah Anda seorang wisatawan dari luar daerah. Maka, agar lebih aman, singgahi sajake kota Banjarmasin. Kemudian dari Banjarmasin, Anda teruskan perjalanan hingga ke Kandangan. Jarak tempuhnya sekitar 133 kilometer.

Manfaatkan Google Map di dalam ponsel pintar Anda agar mudah ditemukan. Setelah sampai di Kandangan, perjalanan bisa dilanjut langsung ke Loksado. Jarak tempuh Kandangan-Loksado sekiranya 38 kilometer. Estimasi waktu yang dihabiskan dalam perjalanan tersebut bisa Anda kira-kira sendiri.

Sepanjang perjalanan banyak tantangan yang harus dihadapi. Dominasi jalanan masih berliku-liku. Berhubung Loksado merupakan kecamatan, maka destinasi wisata di dalamnya juga tersebar luas. Tidak mengelompok jadi satu. Jadi antar wisata memiliki jarak yang tidak sedikit. Untuk amannya lebih baik Anda gunakan saja jasa pemandu wisata yang tersedia.

Fasilitas yang Tersedia di Loksado

Walaupun Loksado mempunyai konsep “back to nature”, tetapi dari segi fasilitas cukup lengkap. Mengenai penginapan Anda tidak perlu khawatir. Di Loksado kini telah tumbuh berbagai macam hotel yang memberikan pelayanan dengan predikat cukup memuaskan. Menikmati Loksado tidak cukup sehari saja, tetapi minimal 2 hari.

Setidaknya ada 6 hotel yang bisa Anda pilih dan menyesuaikan dengan lokasi wisata yang Anda sambangi. Ada Alam Ruh Tujuh Resort, Graha Wisata Amandit, Wisma Loksado, Hotel Loksado Permai, Loksado Aldi Home Stay, dan Hotel Wisma Duta Kandangan. Pilih hotel yang paling dekat atau mungkin ambil yang berdekatan dengan kesemua wisata.

Di beberapa titik juga telah dibangun lapangan tenis. Ketika Anda ingin menyegarkan pagi, bisa gabung di sana. Mainlah tenis dengan wisata domestik maupun yang sama-sama berasal dari luar daerah. Kalau Anda lapar, banyak kok warung makan atau restoran yang cukup terkenal dibangun di Wisata Loksado.

Setidaknya ada 7 tempat untuk makan yang terfavorit di Loksado. Ada Warung Makan Mm Rayan, Warung Ketupat Mama Iwin, Warung Makan Sidamulya Padang Batung, Warung Makan Yanti, Warung Ketupat Mama Amat, Warung Mama Fuzah, dan juga Seafood Pelangi. Setiap tempat makan tersebut memiliki spesisialisasi hidangan masing-masing.

Konsep Wisata Keseluruhan di Loksado

Seperti yang telah disinggung di atas. Konsep wisata di Loksado adalah “back to nature”. Di sana tidak banyak tersedia wisata dengan menggunakan peralatan canggih maupun seni termutakhir dengan rekayasa. Seluruhnya berbaur dengan alam nyata. Orientasi wisata di Loksado memang untuk fasilitas penyegaran mata, pikiran, dan jiwa.

Misalkan saja Air Panas Tanuhi yang beralamatkan di Pegunungan Loksado. Pemandangan yang terhimpun di sekitar wisata tersebut masih berbalut pemandangan alam. Banyak rumpun pohon yang tergabung dalam hutan tropis tersaji di sana. Ada pula air terjun yang cukup legendaris bernama Air Terjun Haratai dan Riam Hanai.

Kedua air terjun tersebut berada di dekat Pegunungan Meratus. Sekali dayung, dua pulau terlampaui. Sekali jalan, Anda bisa langsung menikmati beragam wisata alam yang tersaji di Loksado. Beberapa cerita rakyat setempat tentang Loksado juga masih santer terdengar. Berbaurlah dengan masyarakat setempat, maka pengetahuan Anda akan berlimpah.

Keindahan dan keberagaman wisata di Indonesia tercermin saat Anda singgah ke Loksado. Kalau selama ini terpikir hanya di Jawa saja yang menawarkan lokasi eksotis, maka salah besar. Bahkan di ujung Indonesia seperti Papua juga tengah gencar-gencarnya membangun wisata. Wisata Loksado ini menjadi pembeda di antara wisata yang ada di Jawa.